Beranda » Bahaya Memakai Masker Kotor, Pastikan Bersih Ya!

Bahaya Memakai Masker Kotor, Pastikan Bersih Ya!

Menggunakan masker memang bisa secara efektif mencegah penularan pandemic virus Covid – 19. Walau begitu, namun penggunaan masker juga seringkali menimbulkan beberapa masalah tersendiri.

Misalnya seperti rasa tak nyaman atau membuat kacamatan jadi berembun saat menggunakannya. Selain itu, menggunakan masker dengan cara yang salah juga bisa menimbulkan penyakit tertentu seperti sakit tenggorokan.

Menggunakan masker juga tak akan menimbulkan masalah kesehatan apapun asalkan masker yang kita gunakan betul – betul bersih.

Pakar kesehatan juga ada yang mengatakan bahwa virus maupun kuman yang ada pada masker yang tak dicuci atau tak bersih bisa membuat tenggorokan sakit.

“Jangan pernah memakai masker yang telah disimpen pada waktu yang lama” sebutnya. Saat kita menggunakan masker yang kotor secara berulang – ulang, maka bakteri atau virus yang terperangkan di dalam masker tersebut bisa terhirup.

Karena itulah, kita selalu diimbau untuk membuang masker atau mencucinya setiap kali selesai dipakai. Dr Vyas juga berkata jika virus maupun kuman yang ada di masker yang tak dicuci atau tak dalam keadaan yang bersih bisa membuat kita sakit tenggorokan.

“Cobalah untuk batasi berapa kali kalian menyentuh maupun melepas masker” Ujar Viar. Saat kita memang harus melepas masker, pastikan jika tangan kita dalam keadaan yang bersih saat melepaskan atau menggunakannya lagi.

Menggunakan masker yang kotor juga bisa menimbulkan masalah jerawat. Karena, masker yang kita pakai bisa jadi tempat yang sangat pas bagi bakteri, virus, dan ragi untuk bertumbuh. Hal ini dikarenakan adanya udara panas yang terperangkap di dalamnya.

Tidak seimbangnya bakteri serta gesekan yang terjadi dari masker bisa meningkatkan jerawat serta berbagai permasalahan kulit lainnya. Jadi, sebaiknya pastikan masker yang kalian gunakan sudah dalam keadaan yang benar – benar bersih.

Kalau mau membersihkan masker kain, kalian bisa mencucinya bersama dengan baju lain. gunakan juga sabun cuci khusus untuk membunuh bakteri yang ada di masker sekaligus di baju yang kita cuci bersama dengan masker tersebut.