Beranda ยป Bahaya PISD, Luka Psikis Akibat Perselingkuhan

Bahaya PISD, Luka Psikis Akibat Perselingkuhan

Saat menjalin sebuah hubungan asmara bersama dengan seseorang, terkadang kesetiaan dari pasangan pasti diuji.

Kalau pasangan kita goyah, maka bisa saja perselingkuhan terjadi. Padahal, selingkuh sendiri bisa memberikan akibat gangguan mental yang cukup serius untuk mereka yang merasa dikhianati.

Perselingkuhan sendiri bisa memicu post infidelity stress disoreder atau PISD. Selingkuh bisa menyebabkan kehancuran baik secara emosional maupun fisik.

Secara psikologis, selingkuh bisa menyebabkan Post Infidelity Stress Disorder atau PISD dimana Post Infidelity Stress Disorder merupakan sebuah gejolak emosional atau stress esudah dikhianati maupun diselingkuhi oleh pasangan.

Menurut psikolog Dennis Ortman, Post Infidelity Stress Disorder ini mirip dengan Post Traumatic Stress Disorder atau PTSD.

Orang yang memiliki PTSD biasanya akan selalu ingat dengan hal โ€“ hal yang membuat mereka trauma. Begitu juga dengan mereka yang memiliki PISD akan selalu ingat tentang pengkhianatan pasangan yang pernah ia alami.

Walaupun sudah menjalin hubungan dengan pasangan yang baru, biasanya penderita PISD akan selalu berpikiran bahwa pasangan mereka sedang berselingkuh walaupun kenyataannya tidak begitu.

PISD sendiri punya konsekuensi fisik dan juga emosional. Stress yang dikarenakan pasangan yang selingkuh bisa memicu sindrom patah hari dimana pada dunia medis lebih dikenal dengan istilah Kardiomiopati stress.

Sindrom patah hati ini juga bisa memicu gejala seperti nyeri dada mendadak yang bisa mengarahkan kepada perasaan jika seseorang mengalami serangan jantung. Selain itu, PSID juga bisa mengakibatkan hal โ€“ hal ini:

  • Trust Issue: orang yang mempunyai PSID biasanya lebih sering mengalami trust Issue atau tak mudah percaya dengan orang lain. Padahal, kepercayaan merupakan salah satu aspek paling penting yang ada di dalam sebuah hubungan. Kalau tidak percaya dengan pasangan maka akan lebih mudah stress dan hubungan akan terasa hambar. Orang yang pernah diselingkuhi atau dikhianati pasti akan membuat mereka mengalami krisis kepercayaan kepada diri sendiri maupun orang lain.
  • Perubahan Kepribadian: sesudah mengetahui pasangan selingkuh, seseorang bisa saja kehilangan minat kepada hal โ€“ hal yang dulunya menarik untuknya. Mereka juga bisa berubah total karena berusaha melindungi diri agar tak terluka lagi nanti.