Beranda » Iniloh Cara Melacak Jadwal Ovulasi, Cewek Harus Tau!

Iniloh Cara Melacak Jadwal Ovulasi, Cewek Harus Tau!

Paham dengan jadwal mengenai ovulasi merupakan hal yang sangat penting jika kalian mau menunda atau merencanakan sebuah kehamilan.

Hal ini dikarenakan, melacak jadwal ovulasi bisa membantu kita untuk melacak siklus menstruasi serta bisa tahu kapan masa subur kalian akan tiba.

Beberapa orang memakai jadwal ovulasi demi mencegah efek samping dari pemakaian alat kontrasepsi. Untuk mengetahui ovulasi ini, kalian dapat memakai kalender maupun aplikasi khusus yang sekarang sudah banyak disediakan di internet.

Ovulasi sendiri memiliki arti sebagai periode dimana ovarium akan melepaskan sel telurnya yang terjadi kira – kira 14 hari sebelum datang bulan.

Lama siklus ini kurang lebih pada tiap wanita adalah 28 hari. Sementara itu, masa subur wanita merupakan peluang terbaik jika kalian ingin merencanakan kehamilan.

Masa subur tersebut biasanya terjadi setelah 5 hari sebelum ivulasi serta saat ovulasi tersebut sendiri terjadi. Peluang hamil juga akan rendah jika kalian berhubungan seks sebelum maupun selama masa menstruasi.

Selama ovulasi ini, sel telur akan berjalan ke saluran tuba di mana kalian bisa dibuahi jika ada sperma yang mendatangi. Kalau terjadi pembuahan, maka sperma dan sel telur akan menjadi satu dan membentuk embrio.

Kalian bisa menggunakan kalender ovulasi untuk mengetahui masa subur kalian. Hal yang perlu kalian ingat terutama para wanita adalah siklus menstruasi tak hanya terjadi di saat kita mengalami pendarahan di vagina.

“Saat kita membicarakan mengenai siklus menstruasi, artinya kita membicarakan mengenai sebulan penuh. Pendarahan hanya terjadi selama beberapa hari.” Ucap Higgins.

Siklus datang bulan dari wanita dimulai di hari pertama terjadinya pendarahan lalu berakhir di hari berikutnya sebelum terjadi datang bulan.

Mungkin sedikit sulit untuk menghitung waktu terbaik untuk ovulasi, terutama kalau datang bulan tidak teratur datangnya. Untuk bisa tahu, kalian harus hitung panjang rata – rata siklus datang bulan kalian.

Paham dengan jadwal ovulasi ini sangat bermanfaat untuk mengatur kehamilan tanpa perlu menggunakan alat kontrasepsi.