Beranda » Covid – 19 Ternyata Juga Bisa Sebabkan Diabetes

Covid – 19 Ternyata Juga Bisa Sebabkan Diabetes

Diabetes dibilang sebagai komorbid bagi Covid – 19. Tetapi, beberapa penyintas Covid – 19 berkata bahwa gula darah mereka meningkat dengan sangat tinggi setelah terinfeksi dan juga berisiko diebetes.

Diabetes sendiri ternyata juga bisa menyerang seseorang sesudah dinyatakan sembuh dari Covid – 19. Dengan kata lain, infeksi Covid – 19 bisa menyebabkan diabetes kepada beberapa orang.

Martha Rosana yang merupakan staff divisi endorkin, diabetes, dan metabolik dari Departemen Penyakit Dalam RSCM FKUI berkata bahwa hal ini mungkin saja terjadi. Ada beberapa alasan kenapa kemungkinan ini bisa terjadi.

Salah satu alasanya adalah dikarenakan penyintas Covid – 19 memang belum menjadi carrier maupun sebelumnya sudah mengidapt diabeter tapi belum parah dan belum terdeteksi.

Selain itu, kemungkinan besar Covid – 19 juga menyebabkan diabetes terjadi dikarenakan adanya serangan virus corona ke beberapa sel serta organ yang ada di tubuh.

Salah satunya adalah pankreas yang tugasnya untuk menghasilkan insulin. Itulah kenapa gula darah bisa menjadi tinggi apalagi sesudah sembuh dari Covid – 19.

“Covid – 19 bisa membuat gula darah semakin buruh karena si virus ini sangat unik serta bisa menyerang sel di dalam tubuh termasuk sel insulin yang ada di pankreas.” Ucap Martha pada media briefing.

Itulah kenapa mendeteksi kemungkinan akan ada calon diabetes pada tubuh sangatlah penting, terutama untuk mereka yang punya risiko tinggi.

Misalnya seperti orang tua mempunyai riwayat diabet, mempunyai berat badan tak ideal maupun obesitas sampai dengan pola hidup yang tak seimbang.

“Karena bisa saja terpapar Covid – 19 tanpa tahu kalian punya diabetes atau baru meningkat sesudah menjadi penyintas.” Ucapnya.

Dari akun Instagram resmi pandemictalks, beberapa studi juga menunjukkan bahwa virus Covid – 19 ini bisa menginfeksi sel – sel lemak yang ada di dalam jaringan tubuh. Hal ini bisa menyebabkan produksi adiponektin menurun dan membuat sel tubuh jadi resisten kepada insulin.

Ini juga mengakibartkan gula darah meninggi dan berpotensi menyebabkan diabetes. Covid – 19 memang menjadi penyakit yang sangat kompleks dimana efeknya bukan hanya bisa menyebabkan diabetes tapi juga beberapa penyakit lain yang lalu dikenal dengan long covid – 19.