Beranda » Inilah Gejala Kanker Usus Yang Bisa Dialami Pria

Inilah Gejala Kanker Usus Yang Bisa Dialami Pria

Sistem pencernaan yang kompleks memang terkadang bisa membuat gejala kanker usus besar jadi sulit diketahui. Karena itulah, sangat penting untuk kita hadir dalam pemeriksaan kanker usus besar secara teratur.

Bagi pria, risiko keseluruhan untuk terkena kanker usus besar merupakan sekitar 1 : 22 atau sekitar 4,49%. Ada banyak gejala yang bisa menggambarkan kanker usus besar namun kalai seseorang punya gejala itu, belum tentu dia punya penyakit tersebut.

Banyak penjelasan lain mengenai gejalanya mulai dari infeksi maupun penyakit radang usus atau IBD. Tapi, siapa pun yang mengalami gejala yang baru mungkin saja mau mengunjungi dokter untuk diagnosis. Gejala kanker usus di pria adalah sebagai berikut:

  • Berubah kebiasaan buang air besar: sakit perut maupun infeksi ringan bisa membuat perubahan ke dalam kebiasaan buang air besar misalnya diare dan sembelit. Orang yang sembelit bisa saja akan buang air besar dengan lebih jarang. Sebaliknya, mereka yang diare biasanya akan punya frekuensi buang air besar yang lebih sering. Tapi, masalah ini biasanya bisa sembuh pada beberapa hari sesudah penyakitnya reda. Berubahnya kebiasaan buang air besar yang terjadi lebih dari beberapa hari bisa saja merupakan masalah kesehatan yang mendasari. Kalau seseorang punya gejala ini secara teratur atau selama lebih dari beberapa hari, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter
  • Kram serta kembung: kram maupun kembung kadang – kadang merupakan masalah pencernaan yang umum yang bisa terjadi karena sakit perut, makan makanan tertentu, ataupun gas. Sering mengalami kembung dank ram yang tak bisa dijelaskan penyebabnya bisa jadi merupakan tanda dari kanker usus besar walaupun gejala ini lebih sering merupakan akibat dari masalah kesehatan lain.
  • Merasa seakan isi perut tak kosong: kalau pertumbuhan berubah jadi penyumbatan di dalam usus besar, hal tersebut bida membuat orang itu merasa seoah – olah mereka tak pernah bisa membuat isi perutnya kosong. Bahkan kalau usus mereka kosong, mereka merasa masih harus buang air.