Beranda ยป Apa Manfaat Kentut Bagi Tubuh?

Apa Manfaat Kentut Bagi Tubuh?

Kentut selama ini memiliki stigma yang buruk karena baunya yang kurang sedap. Padahal kentut memiliki banyak efek bagus untuk tubuh dan juga menjadi penanda kalau pencernaan kita dalam kondisi yang baik.

Dengan adanya kentut, ini menandakan makanan yang sebelumnya kita konsumsi bisa terproses dengan baik di dalam tubuh. Tapi ternyata masih banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari kentut, loh. Berikut lebih jelasnya!

1.Menjadi Tanda Kalau Makanan Sudah Seimbang

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, kentut bisa menjadi sinyal kalau kamu memiliki pencernaan yang baik. Selain itu, kentut juga menandakan kalau kamu sudah mengonsumsi makanan bernutrisi yang seimbang. Dari hasil pencernaan makanan akan menghasilkan banyak gas.

Lalu  ada beberapa karbohidrat yang tidak bisa langsung terurai ketika masuk ke dalam pencernaan. Ini membuat perut menjadi melakukan fermentasi makanan di usus besar yang menghasilkan gas. Inilah yang membuat kamu bisa kentut.

2. Kurangi Rasa Sakit

Pernahkah kamu merasakan sakit perut? Kondisi ini umumnya terjadi karena gas di dalam perut yang tidak bisa keluar. Proses pencernaan makanan dapat menghasilkan gas di dalam saluran pencernaan. Saat gas sudah bertumpuk, ini akan membuat perut kita menjadi kurang nyaman.

Kalau kita buang angin atau kentut, secara perlahan tekanan di dalam perut bisa berkurang dan membuat rasa sakit pun mereda. Kondisi ini umumnya terjadi pada pagi hari setelah kamu tidur.

3. Mengidentifikasi Alergi di Makanan

Tahukah kamu kalau kentut juga bisa membantu kita dalam mengidentifikasi jenis alergi apa yang kita miliki. Saat kita mengonsumsi makanan yang bisa menyebabkan tubuh kita merasakan alergi,akan ada gejala seperti dare, mual, kembung, hingga tubuh memproduksi gas berlebih.

Jika kamu kentut setelah merasakan gejala seperti disebutkan di atas, kemungkinan kamu memang memiliki alergi pada makanan yang kamu konsumsi tersebut. Tetapi lebih baik untuk segera berkonsultasi ke dokter untuk bisa mengetahui lebih jelas.

4. Tanda Saluran Pencernaan yang Sehat

Di dalam pencernaan yang sehat, terdapat bakteri baik di dalamnya. Bakteri yang ada di dalam tubuh kita ini membantu tubuh untuk mencerna dan memakan makanan yang kamu konsumsi. Ketika sistem pencernaan dalam kondisi yang baik, bakteri bisa dengan mudah untuk memproses makanan dan secara otomatis gas menjadi lebih mudah untuk dibentuk.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kentut atau buang angin. Jadi kamu tidak perlu lagi menahan kentut, karena ini bisa menjadikan indikator bagi tubuh untuk menunjukkan pencernaan yang sehat.

Tetapi memang kamu tidak boleh kentut sembarangan, ada baiknya lebih memilih untuk melakukannya di toilet atau tempat yang lebih sepi. Ini karena kentut sembarangan bisa membuat orang lain merasa terganggu.