Beranda » Vitamin C Ternyata Bisa Bantu Melawan Radang Loh!

Vitamin C Ternyata Bisa Bantu Melawan Radang Loh!

Vitamin C atau asam L askorbat merupakan antioksidan yang kuat yang bisa memainkan peran penting di dalam kesehatan sendi dan juga fungsi kekebalan yang bisa bermanfaat untuk penderita radang sendi atau arthritis.

Makin banyak penelitian yang menemukan jika Vitamin C ini bisa meredakan rasa sakit, melindungi dari kerusakan tulang rawan yang berkaitan dengan rheumatoid arthritis (RA) dan osteoarthritis (OA), serta bisa mengurangi peradangan.

Rheumatoid arthritis atau RA sendiri merupakan radang sendi yang diakibatkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan mereka sendiri dam kondisi ini disebut dengan autoimun.

Sedangkan osteoarthritis atau OA merupakan peradangan sendi yang ditandai oleh rusaknya sendi secara bertahap.

Walaupun berbeda, namun keduanya ini tetap sama – sama bisa menimbulkan akibat nyeri sendi dimana menurut penelitian mungkin ada manfaat lewat asupan vitamin C yang cukup.

Vitamin C sendiri bisa menekan perkembangan rheumatoid arthritis serta osteoarthritis karena banyak hal. Ada beberapa manfaat Vitamin C yang bisa membantu melawan radang sendi seperti:

  • Mengurangi peradangan: Peradangan merupakan ciri paling utama di dalam radang sendi yang mungkin saja bisa dimediasi lewat asupan Vitamin C yang cukup. Sebuah penelitian menemukan jika asupan Vitamin C ini berkaitan dengan turunnya tingkat penanda inflamasi. Peneliti juga memberikan ukuran asupan antioksidan dari makanan serta kadar anioksidan serta juga penanda inflamasi di dalam darah kepada 87 orang yang punya rheumatoid arthritis aktif.
  • Melindungi Tulang Rawan: Vitamin C bisa mencegah kerusakan tulang rawan yang berkaitan dengan osteoarthritis. Sebuah penelitian yang dilakukan menemukan bahwa Vitamin C bisa mengurangi terjadinya degradasi tulang rawan, mencegah kerusakan sendi, sampai dengan menurunkan kadar sitokin inflamasi. Efek Vitamin C di metabolism tulang serta tulang rawan bisa mengetahui bagaimana nutrisi bisa memberikan manfaat untuk penderita  osteoarthritis.
  • Melambatkan Perkembangan Autoimun: Vitamin C memiliki peran yang penting untuk memberhentikan berkembangnya penyakit dengan cara memutuskan respons autoimun yang merusak. Antioksidan bisa mencegah poliartritis inflamasi, sejenis rheumatoid arthritis yang bisa berpengaruh pada 5 atau lebih sendi dengan memodulasi respons autoimun.